Kenali Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

  • April 28, 2022

Tidur adalah suatu kebutuhan bagi setiap manusia. Ketika terlelap, kamu mungkin tidak akan sadar telah merubah posisi tidurmu, padahal posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur, apalagi jika kamu sedang hamil. Lantas, seperti apakah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

Mengapa Tidur Sangat Penting Selama Kehamilan?

Tidur merupakan waktu ketika tubuhmu mengatur ulang serta memperbaiki dirinya sendiri. Tidur juga menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan mendukung kehamilanmu. Kegiatan ini juga bisa mengontrol bagaimana tubuhmuberekasi terhadap insulin.

Posisi Tidur Saat Hamil

Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur terbaik saat hamil adalahdi sisi kirimu, namun sisi kanan juga diperbolehkan. Yang jelas, saat melewati trimester pertama, kamu tidak mungkin dan tidak boleh berbaring tengkurap.

Banyak ahli juga menyarankan agar kamu menghindari berbaring terlentang sepanjang malam, tapi itu tidak akan apa-apa jika kamu berguling di malam hari dan bangun terlentang. Namun, beberapa ahli juga berpendapat bahwa ibu hamil dapat tidur dalam posisi apa pun selama itu nyaman bagi mereka.

Bagaimana Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil?

Banyak posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Kali ini, kita akan membahas semua posisi itu, mulai dari tengkurap, telentang, hingga tidur menyamping ke arah kiri atau ke arah kanan.

  1. Tidur Tengkurap

Mungkin kamu membayangkan, apakah tidur tengkurap akan membuat ibu hamil merasa sesak? Jadi, sebenarnya tidur tengkurap tidak apa-apa digunakan oleh ibu hamil sampai janin yang ada di perut membuatnya tidak nyaman atau tidak memungkinkan. Pada saat itulah kamu harus berganti ke posisi tidur yang lain.

  1. Tidur Telentang

Pada trimester pertama, ibu hamil masih diperbolehkan tidur telentang. Namun, beberapa ahli merekomendasikan untuk menghindari tidur telentang selama trimester kedua maupun ketiga.

Hal tersebut karena posisi telentang mengistirahatkan seluruh berat rahim yang sedang tumbuh dan bayi di punggungmu, usus, serta vena cavamu, padahal vena utama yang bertugas membawa darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawahmu.

Tekanan yang ada juga bisa memperburuk sakit punggung, wasir, serta membuat pencernaan jadi kurang efisien, mengganggu sirkulasi, serta menyebabkan hipotensi  yang membuat kepalamu pusing.

  1. Tidur Menyamping

Selama trimester kedua dan ketiga, tidur menyamping di kedua sisi diperbolehkan, namun baiknya menghadap kiri karena ideal untukmu dan calon bayi.

Posisi tersebut memungkinkan aliran darah serta nutrisi mengalir ke plasenta, juga bisa meningkatkan fungsi ginjal, Meningkatnya fungsi ginjal akan membuat pembuangan limbah lancar dan bisa mengurangi pembengkakan pada kaki.

Tips Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman

Normal bagi setiap ibu hamil ketika merasa tidak nyaman dalam mengganti posisi tidur karena itu merupakan hal yang baru bagi mereka. Apalagi, perut mereka akan semakin berat dan cembung. Berikut beberapa cara agar ibu hamil nyaman saat mencoba posisi tidur baru.

  • Gunakan banyak bantal: Cobalah menyilangkan satu kaki di atas kaki yang lainnya dan letakkan satu bantal di bawah silangan kaki tersebut. Tambah juga bantal untuk menyangga belakang punggungmu.
  • Dapatkan bantal khusus: Kamu juga bisa menggunakan bantal khusus kehamilan setinggi 5 kaki.
  • Menopang diri sendiri: Apabila bantal tidak cukup membantu, cobalah tidur semi tegak di kursi malas alih-alih di tempat tidur.

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti tahu bahwa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah yang membuatnya dan janinnya nyaman. Rekomendasi posisi yang paling nyaman adalah menyamping.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*