Cara Agar Cepat PMS: Bisakah Menstruasi Dipercepat?

  • August 3, 2022

Sering kali, kamu ingin jadwal haidmu datang lebih cepat sebelum acara tertentu. Misalnya pernikahan, pesta ulang tahun, atau jalan-jalan dengan sahabat.

Sebenarnya, apakah mempercepat jadwal haid itu bisa? Ya, ternyata ada cara-cara tertentu yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat datangnya haid.

Jika kamu akan mengikuti acara penting dan ingin jadwal menstruasi datang lebih cepat, ikutilah cara agar cepat PMS di artikel ini!

Mengenal Apa Itu PMS?

Sebelum itu, kenali dulu apa itu PMS, yuk.

PMS atau premenstrual syndrome adalah gejala perubahan fisik, emosi, dan perilaku yang dialami sebelum menstruasi datang. Biasanya, PMS dialami wanita 1 atau 2 minggu sebelum hari pertama menstruasi.

Ketika kita bicara tentang cara cepat haid, kita juga bicara tentang cara agar cepat PMS. Ini karena PMS merupakan salah satu bagian dari siklus menstruasi.

Gejala yang kamu alami saat PMS, yaitu:

  • Insomnia
  • Mudah marah dan menangis
  • Mudah lelah
  • Mudah lupa dan sulit konsentrasi 
  • Nafsu makan meningkat 
  • Payudara terasa sakit
  • Munculnya jerawat
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Kram pada perut
  • Perut kembung

Cara agar Cepat PMS

Cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat PMS dan menstruasi adalah:

  1. Mengonsumsi Pil KB

Mengonsumsi pil KB adalah satu-satunya metode yang efektif untuk mempercepat PMS.

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin. Kedua hormon ini bisa mengontrol siklus menstruasi.

Biasanya, orang akan minum pil KB selama 21 hari dan berhenti sementara selama 7 hari. Dalam 7 hari itu, menstruasi akan datang. Jika ingin lebih cepat menstruasi, pil KB bisa berhenti dikonsumsi sebelum 21 hari.

  1. Berolahraga

Banyak orang akan mengalami haid yang tidak teratur jika terlalu sering berolahraga dengan berat. Namun kalau kamu melakukan olahraga yang tidak terlalu berat, jadwal menstruasimu bisa lebih teratur dan menstruasi pun datang lebih cepat.

  1. Mengonsumsi Nanas atau Vitamin C

Mempercepat datangnya haid juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu, misalnya nanas atau makanan yang mengandung vitamin C.

Nanas kaya akan bromelain yang mengandung hormon estrogen. Bromelain bisa menurunkan inflamasi yang kemudian membantu mengatasi jadwal menstruasi yang tidak teratur.

Sama halnya dengan nanas, makanan kaya vitamin C seperti jeruk dan bayam memiliki manfaat dalam mengatur jadwal haid. 

  1. Orgasme

Cara agar cepat PMS selanjutnya adalah orgasme. Orgasme yang diperoleh dari melakukan hubungan seksual bisa mempercepat datangnya haid. Hal ini dapat terjadi karena ketika kamu orgasme, kamu menghasilkan hormon. Hormon tersebut membantu melebarkan serviks dan membuat rahim mulai melepaskan lapisannya.

  1. Diet

Orang yang memiliki berat badan kurang umumnya memiliki jadwal menstruasi yang tidak teratur. Alasannya karena tubuh tidak memiliki lemak yang cukup untuk memproduksi hormon terkait menstruasi.

Namun, jika berat badan terlalu berlebih, siklus menstruasi juga bisa jadi tidak teratur. Begitu pula ketika kamu mengalami perubahan berat badan secara drastis, efeknya akan sama dengan memiliki berat badan berlebih.

Ketika kamu diet, kamu akan membatasi makan dan asupan kalori. Termasuk juga makanan mengandung lemak. Hal ini menyebabkan menstruasi tidak teratur, sehingga menstruasi tidak cepat datang.

  1. Relaksasi

Stres bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar. Karena itulah, supaya menstruasi datang, kamu harus meredakan stres tersebut.

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres adalah melakukan relaksasi. Contoh relaksasi yaitu melakukan yoga, meditasi, menulis buku harian, atau bercengkrama dengan teman.

Dari cara-cara di atas, cara agar cepat PMS mana yang akan kamu pilih? Sebelum benar-benar memilih, pastikan kamu telah menerima semua informasi yang dibutuhkan agar tidak salah langkah, ya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*