Bisa Atasi Insomnia, Simak Manfaat Teh Chamomile Berikut

  • July 29, 2022

Ada banyak jenis teh yang bisa kita jumpai di pasaran. Tidak hanya menggunakan bahan utama daun teh, banyak juga jenis teh yang berbahan dasar bunga seperti chamomile. Manfaat teh chamomile sendiri sudah terkenal di seluruh dunia. Cita rasa dan aromanya yang khas membuat jenis teh satu ini banyak disukai.

Konsumsi chamomile tea jadi cara yang banyak dipilih dalam meredakan gangguan tidur. Efek samping teh chamomile pun tidak banyak dirasakan oleh penikmatnya, asalkan mengonsumsi dalam porsi cukup dan di waktu yang tepat.

Manfaat Teh Chamomile

Kandungan nutrisi dalam teh ini di antaranya ada flavonoid, antioksidan, dan terpenoid. Kebanyakan penikmat teh chamomile mengonsumsi dalam bentuk seduhan hangat setelah makan malam dan menjelang waktu tidur.

Manfaat konsumsi segelas teh chamomile hangat, yaitu:

  • Mengatasi Insomnia

Gangguan tidur seperti sering alami insomnia ringan, hingga merasa tidur yang kurang berkualitas memang sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Menurunnya produktivitas, sampai mood dan emosi yang mudah berubah menjadi beberapa efek dari gangguan tidur.

Minum teh chamomile setiap malam sebelum tidur bisa menjadi cara mudah dalam mengatasinya. Teh satu ini memang diandalkan sejak zaman dulu sebagai obat herbal atau obat alami.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Chamomile tea bisa juga menjadi pilihan minuman rendah kalori dan tidak mengandung kafein yang bisa bantu tingkatkan metabolisme tubuh. Tentu untuk mendapat manfaatnya harus pula menjalani gaya hidup sehat seperti rutin konsumsi asupan bernutrisi dan kaya serat.

  • Meredakan Gejala Asam Lambung

Konsumsi teh chamomile untuk asam lambung pun merupakan manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Teh ini dipercaya mampu meminimalisir peradangan pada lambung yang juga meminimalisir meningkatnya asam lambung. Walau begitu, pastikan meminumnya tidak saat perut kosong, terutama bagi penderita maag dan GERD.

  • Menyehatkan Kulit dan Rambut

Penyebab rambut mudah rontok dan kulit kusam salah satunya karena tubuh kita yang menyerap radikal bebas dalam jumlah berlebih. Oleh karenanya dibutuhkan asupan yang mengandung antioksidan tinggi untuk menghambatnya.

Chamomile tea mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa dikonsumsi dengan meminumnya langsung, ataupun menjadikannya sebagai bahan skincare dalam meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

  • Mengurangi Nyeri saat Haid

Sering merasa nyeri ketika periode haid datang? Kamu bisa ikuti cara menyeduh teh chamomile yang sangat praktis dan mudah, kemudian meminumnya saat masih hangat untuk mengurangi nyeri tersebut. Konsumsi teh ini bisa mengurangi rasa nyeri dengan fungsinya yang mengurangi peradangan dan memberi efek relaksasi.

  • Meredakan Stres

Selanjutnya, manfaat chamomile tea yaitu bisa bantu redakan perasaan stres. Efek relaksasi yang diberikan oleh segelas teh chamomile hangat akan membuat perasaan lebih tenang. Kamu pun bisa mengonsumsinya ketika merasa kelelahan setelah beraktivitas seharian untuk kurangi pegal-pegal di tubuh.

  • Mencegah Diabetes

Chamomile yang diseduh menjadi teh memiliki peran dalam mengurangi kadar gula dalam darah. Hal tersebut bisa mencegah diabetes yang mana membantu dalam mengatur kadar insulin.

Kantung teh chamomile yang sudah diseduh bisa kamu taruh di mata sebagai alat kompres sederhana untuk menambah rasa relaks pada tubuh. Kompresan tersebut akan mengurangi tampilan mata lelah, maupun mata panda akibat kelelahan atau kurangnya istirahat.

Perlu diingat, wanita yang sedang hamil dilarang mengonsumsi teh jenis ini karena berisiko alami gangguan kehamilan dan keguguran pada janin. Manfaat teh chamomile bisa kamu rasakan jika konsumsi secara rutin di waktu yang tepat. Seperti 30 – 45 menit sebelum tidur.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*