Begini Cara Mengatasi Haid Jika Tidak ada Pembalut

  • August 29, 2022

Normalnya, setiap wanita dewasa akan mengalami siklus haid di setiap bulannya, dan untuk menghadapi siklus tersebut biasanya kamu akan memakai pembalut agar darah tidak bocor. Namun, bagaimana jika saat haid datang, tapi kamu tidak memiliki persediaan pembalut? Jangan panik, begini cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut.

1.Pakaian Dalam Periode

Kamu bisa menggunakan pakaian dalam periode untuk mengganti pembalut. Celana dalam ini biasa digunakan bagi wanita yang tidak menyukai ukuran pembalut yang memungkinkannya bergeser saat dikenakan.

Sekarang, banyak perusahaan yang memproduksi celana dalam khusus untuk menstruasi. Contoh perusahaan yang sudah memproduksinya adalah Thinx, Knix Wear, dan Dear Kate. Produk ini dapat dicuci dan digunakan kembali, sehingga ramah bagi lingkungan.

2.Menstrual Cup

Menstrual cup sudah dipatenkan sejak tahun 1937 oleh Leona Chalmers, namun baru populer belakangan ini karena penggunaannya yang ramah lingkungan. Menstrual cup akan mengumpulkan darah haid dan kamu perlu membuangnya setiap 12 jam sekali. Sehingga, kamu tidak perlu terlalu sering ke kamar mandi untuk mengeceknya.

3.Menstrual Discs

Cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut selanjutnya adalah dengan menggunakan menstrual discs. Menstrual discs ini mirip dengan menstrual cup karena dimasukkan ke daerah kewanitaan dan mengumpulkan darah menstruasinya.

Menstrual discs akan ditempatkan di bagian forniks vagina atau bagian yang lebih dalam ke saluran vagina. Hal tersebut menandakan bahwa kamu bisa tetap berhubungan seks sambil menstrual disc menghalangi aliran darah menstruasi.

4.Reusable Cloth Pads

Reusable cloth pads adalah pembalut kain, berarti hanya berupa pembalut yang bisa dipakai berkelanjutan. Produk ini juga salah satu bentuk upaya dalam menjaga lingkungan karena diketahui ada lebih dari dua puluh miliar pembalut sekali pakai yang berakhir di tempat pembuangan tiap tahunnya.

Cara menggunakannya, yaitu kamu bisa memasangnya di selangkangan pakaian dalammu dan kamu cukup menggantinya 6 jam sekali. Setelah selesai digunakan, jangan dibuang, namun bisa langsung kamu cuci sendiri dan keringkan, lalu bisa dipakai kembali.

5.Tisu atau Kasa Steril

Kebanyakan wanita pasti pernah menghadapi situasi di mana mengalami haid, namun tidak membawa pembalut atau persediaan pembalut di rumah habis. Dalam situasi darurat seperti ini, kamu bisa sementara menggunakan tisu atau kasa steril untuk diletakkan di celana dalam.

Mengapa harus tisu? Biasanya tisu mudah ditemukan, bahkan di toilet umum sekali pun, alasan lainnya adalah tisu dan kasa mampu menyerap darah. Jadi, pilihan ini adalah pilihan terbaik dikala kamu ada di situasi darurat.

6. Meminta Tolong untuk Dibelikan Pembalut

Situasi lain yang mungkin dihadapi wanita, yaitu tidak menyediakan pembalut saat haid, namun masih ada orang yang bisa dimintai tolong. Misalnya, kamu haid di kantor, dengan begitu kamu bisa meminta tolong teman kantormu untuk mebawakan atau membelikan pembalut di supermarket.

Orang yang akan dimintai tolong biasanya sesama wanita atau orang yang tahu apa itu pembalut karena masih banyak orang utamanya laki-laki yang tidak tahu mengenai pembalut. Cara meminta bantuannya, yaitu bisa dengan cara menelpon orang atau berteriak minta tolong.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut. Informasi di atas benar-benar penting karena sangat berguna di saat keadaan darurat. Jika itu kamu, maka alternatif pembalut mana yang akan kamu pilih? Menstrual cup, reusable cloth pads, atau yang lainnya?

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*