9 Manfaat Makan Malam Lebih Awal Bagi Kesehatan

  • August 29, 2022

Umumnya, manusia makan sebanyak 3x sehari, yaitu pada pagi hari, siang hari, dan malam hari. Tahukah kamu, ternyata makan malam lebih awal akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuhmu. Berikut adalah 9 manfaat makan malam lebih awal!

  1. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Ketika makan malam lebih awal, maka kualitas tidur kamu dipercaya akan membaik. Hal tersebut disebabkan oleh adanya jeda sekitar 2 jam antara waktu makan terakhir dan waktu tidur. Sehingga, sistem pencernaan bisa memproses makanan tepat waktu dan tidak lembur.

Sistem pencernaan pun mempunyai banyak waktu istirahat. Selain itu, makan malam lebih awal juga bisa mengurangi tidur berlebihan. Sistem tubuh bekerja lebih ringan, mendapatkan istirahat yang diperlukan, dengan demikian kamu hanya membutuhkan lebih sedikit waktu untuk memulihkan diri dari pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan seharian.

  1. Penurunan Berat Badan

Motivasi terbesar bagi orang-orang untuk makan lebih awal adalah agar bisa menurunkan berat badan mereka. Diketahui bahwa waktu terbaik untuk makan adalah pada pukul 6 pagi sampai 7 malam, serta menyelesaikan makan malam lebih awal.

Ketika makan malam lebih awal, maka kamu akan cenderung mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Hal tersebut diakibatkan oleh tubuhmu yang telah mencapai titik kenyang lebih awal, serta tubuh bisa memanfaatkan makanan dengan lebih efisien.

  1. Menolong dari Masalah Pencernaan

Apabila kamu makan sebelum tidur, makanan memiliki kemungkinan tidak bisa dicerna dengan baik karena kamu harus segera berbaring dan tidur. Hal tersebut bisa menyebabkan banyak masalah, seperti kembung, sakit perut, dan refluks asam. 

Semua masalah tersebut adalah masalah pencernaan, dan semakin banyak jarak waktu antara makan malam terakhir dengan waktu tidur, maka akan semakin baik fungsi sistem pencernaan kamu.

  1. Merasa Energik

Makan malam lebih awal akan memberi tubuhmu lebih banyak waktu untuk menstabilkan kadar gula darah, yang berperan dalam membuatmu merasa mudah lelah dan mudah tersinggung. Apalagi, makan lebih awal mampu memberi kamu lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sebelum tidur.

  1. Nafsu Makan Lebih Baik

Manfaat makan malam lebih awal yang kelima, yaitu nafsu makan menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak akan melewatkan waktu makan terpenting, yaitu sarapan. Nafsu makanmu juga akan menjadi lebih seimbang.

Tetap ingat pepatah yang mengatakan sarapanlah seperti raja, makan sianglah seperti orang biasa, dan makan malam lah seperti orang miskin. Hal tersebut bagus untuk kebiasaan diet sehat.

  1. Mengurangi Risiko Obesitas

Saat kamu terlambat makan, maka kalori yang kamu konsumsi tidak dibutuhkan oleh tubuhmu untuk energi, sehingga pada akhirnya akan disimpan sebagai lemak. Makan terlambat secara teratur bisa memicu siklus kalori yang disimpan sebagai lemak, yang bisa menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

  1. Meminimalkan Risiko Serangan Jantung

Orang yang makan malam terlambat lebih rentan untuk makan lebih banyak, sehingga kalori tidak terbakar dan diubah menjadi trigliserida, asam lemak yang mampu meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Jadi, makan malam bisa mengurangi risiko pembentukan trigliserida.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Makan malam lebih awal mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, di mana jenis diabetes tersebut terjadi ketika tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan baik. Ketika makan 2-3 jam sebelum tidur, tubuhmu bisa menggunakan insulin dengan baik, dengan mengubah makanan menjadi glukosa. Oleh karena itu, dengan mempertahankan tingkat insulin yang tepat, risiko diabetes berkurang.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan malam setidaknya 2 jam sebelum tidur mempunyai penurunan risiko kanker. Pada pria, terdapat 26% penurunan risiko kanker prostrat, dan pada wanita ada 16% penurunan risiko kanker payudara

Itulah 9 manfaat makan malam lebih awal yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mempraktikannya. Intinya, makan malam lebih awal sangat bagus untuk rutinitas dan kesehatan tubuhmu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*