8 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan Tubuh

  • May 6, 2022

Seledri biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Namun, tahukan Kamu bahwa seledri juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh?

Sejak zaman dahulu, seledri sudah dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk berbagai penyakit. Berikut adalah ulasan manfaat jus seledri untuk kesehatan tubuh yang harus Kamu ketahui.

Kandungan dalam Seledri

Seledri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, flavonoid dan beta karoten. Zat-zat tersebut tergolong sebagai antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Karena kandungan nutrisi tersebut, daun seledri yang diolah menjadi jus memiliki beragam manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Seledri

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat jus seledri yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Siapa sangka, daun seledri yang biasanya dipakai sebagai bahan tambahan dalam masakan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa biji seledri memiliki sifat antihipertensi. Kandungan senyawa fitokimia pada seledri beguna memperbaiki kinerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah.

  • Mencegah penyakit kronis

Sebagai sumber flavonoid yang merupakan salah satu sumber antioksidan, seledri memiliki potensi mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, hati serta ginjal.

Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan pendapat tersebut.

  • Meminimalisir efek samping kemoterapi

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seledri dikonsumsi bersama dengan obat kemoterapi doxorubicin, jus seledri mampumencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas sel kanker.

Namun, lebih baik jika Kamu konsultasikan dengan dokter jika ingin mengonsumsi jus seledri selama menjalani kemoterapi.

  • Melawan peradangan

Kandungan flavonoid dari daun seledri mampu membantu sistem imun tubuh dalam melawan peradangan yang diakibatkan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel-sel jika terus dibiarkan sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh.

  • Meminimalisir stres oksidatif

Manfaat jus seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meminimalisir stres oksidatif. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus lab membuktikan bahwa flavonoid yang terkandung dalam daun seledri dapat membantu meminimalisir efek stres oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, stroke dan penyakit jantung koroner.

  • Melancarkan pencernaan

Daun seledri juga mengandung serat pektin yang dapat melancarkan buang air besar, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa daun seledri memiliki kandungan butilptalide dan BuPH yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Khasiat daun seledri yang satu ini tentu dapat dimanfaatkan oleh para penderita kolesterol tinggi.

Kandungan BuPH juga mampu memberikan efek relaksasi sistem saraf pusat sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

  • Menghidrasi tubuh

Jus seledri juga memiliki manfaat untuk menghidrasi tubuh. Kondisi tubuh yang terhidrasi sangat penting untuk tubuh namun faktanya masih banyak yang tidak terlalu memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh.

Tubuh yang terhidrasi dengan cukup dapat mengelola suhu tubuh, tekanan darah, fungsi otak, kesehatan ginjal, pengiriman nutrisi serta ekskresi limbah.

Cara membuat jus seledri pun sangat mudah, cuci 3-4 batang seledri kemudian iris seledri lalu blender sampai halus. Sebelum diminum, saring seledri yang sudah diblender lalu ambil sari jus seledri tersebut. Kamu juga dapat menambahkan bahan lain seperti buah apel, jahe atau jus lemon sebagai campuran jus seledri.Itulah beberapa manfaat jus seledri untuk kesehatan serta cara membuatnya. Kamu bisa mengonsumsi jus seledri tersebut untuk hidup yang lebih sehat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*