6 Cara Mencukur Bulu Ketiak, Bye Armpit Hair!

  • August 3, 2022

Bulu ketiak adalah rambut yang tubuh di bagian ketiak, di lipatan antara badan dan lengan. Bulu ketiak juga disebut sebagai rambut aksila.

Rambut yang tumbuh di ketiak ini adalah hal wajar bagi setiap orang dewasa. Namun, terkadang bulu ketiak menimbulkan bau badan dan keringat berlebih. Karena itulah, beberapa orang memilih untuk mencukur bulu ketiak.

Artikel ini akan membahas cara mencukur bulu ketiak. Ada 6 cara yang bisa kamu pilih, simak di sini.

Manfaat Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak adalah pilihan. Namun jika kamu mencukurnya, kamu akan menerima beberapa manfaat ini:

  1. Mengurangi produksi keringat

Kalau ketiakmu gampang berkeringat, lebih baik kamu mencukurnya. Sebab, bulu ketiak bisa menyimpan kelembaban dari keringat yang dikeluarkan oleh kulit.

  1. Mengurangi bau badan

Ketiak adalah salah satu sumber bau badan yang cukup umum. Bau badan bisa terjadi pada ketiak karena bagian tubuh tersebut bisa mengunci bau dari keringat.

Selain itu, jika kamu mencukur bulu ketiak, sabun akan lebih mudah masuk ke dalam kulit. Aroma wangi dari sabun pun bisa tersimpan lebih lama.

7 Cara Mencukur Bulu Ketiak

Menghilangkan bulu ketiak bisa dilakukan dengan berbagai cara, bukan hanya mencukurnya dengan cukuran. Inilah 7 cara mencukur bulu ketiak yang dapat menjadi alternatif untukmu:

  1. IPL

IPL merupakan akronim dari intense pulsed light. IPL menggunakan cahaya berspektrum besar untuk mencabut bulu ketiak. Cahaya tersebut menimbulkan panas yang bisa merusak folikel.

Sayangnya, IPL kurang berhasil pada orang dengan kulit gelap. Alasannya adalah IPL membutuhkan kekontrasan warna pada kulit dan rambut.

  1. Waxing

Waxing adalah cara mencukur bulu ketiak yang menggunakan cairan kental untuk mengangkat rambut. Cairan ini dioleskan di ketiak, kemudian ditempelkan dengan kertas khusus waxing. Namun, ada pula waxing yang tidak membutuhkan kertas. Dalam satu tarikan, bulu ketiak akan tercabut.

Bagi beberapa orang, waxing terasa menyakitkan. Namun, proses ini begitu cepat sehingga rasa sakitnya akan langsung hilang. Kamu pun tidak perlu melakukannya terlalu sering, karena waxing membuat pertumbuhan bulu ketiak jadi melambat.

Waxing bisa dilakukan ketika bulu ketiak sudah tumbuh. Bulu ketiak yang masih terlalu pendek tidak akan bisa terangkat ketika melakukan waxing.

  1. Mencukur

Mencukur adalah cara menghilangkan bulu ketiak paling mudah. Kamu bisa melakukan ini menggunakan alat pencukur yang banyak dijual di warung, minimarket, dan supermarket.

Mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi jika tidak berhati-hati. Karena itulah, kamu harus menggunakan krim cukur terlebih dahulu.

Cara ini memang mudah, tetapi mencukur hanya bisa menghilangkan bulu ketiak yang nampak di bagian atas kulit. Akar bulu ketiak tidak ikut tercabut, sehingga bulu ketiak akan tumbuh dalam waktu cepat.

  1. Krim depilatory

Krim depilatory adalah krim penghilang bulu. Krim ini dioleskan dengan tebal di area ketiak kemudian didiamkan selama beberapa saat. Setelah itu, jika kamu membersihkan krim tersebut dari ketiak, kamu akan mendapati bulu ketiakmu sudah hilang.

Sama seperti mencukur, krim depilatory tidak mengangkat bulu hingga ke akarnya. Sehingga, bulu akan tumbuh dengan cepat.

  1. Laser

Mencukur bulu ketiak dengan laser memiliki cara kerja yang mirip dengan IPL. Metode ini menggunakan sinar laser untuk mencabut bulu.

Laser adalah cara yang paling tepat untuk orang dengan kulit terang dan rambut gelap. Dengan demikian, laser dapat langsung mendeteksi perbedaan kekontrasan pigmen.

Harga perawatan laser untuk mencabut bulu ketiak cukup mahal. Namun, kamu tidak akan kecewa karena cara ini tidak sakit.

  1. Mencabut dengan pinset

Cara ini memungkinkan kamu untuk mencabut bulu ketiak satu per satu dengan pinset. Menggunakan pinset, kamu dapat mencabut bulu ketiak hingga ke akarnya.

Kekurangan dari cara mencukur bulu ketiak yang satu ini adalah prosesnya lama dan menyakitkan untuk banyak orang. Di sisi lain, keuntungannya adalah bulu ketiak tumbuh lebih lama.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 6 pilihan cara mencukur bulu ketiak. Cara mana yang akan kamu pilih? Jangan lupa menyesuaikannya dengan kondisi tubuhmu, ya!

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*